Kekurangan Kogan Action Camera
Kekurangan Kogan Action Camera

Kekurangan Kogan Action Camera ternyata cukup banyak . Kamera dengan harga 300 ribuan ini diklaim mampu menghasilkan video Full HD dengan sangat baik , apakah benar demikian ? Jika kalian sedang berencana untuk membeli Kogan Action camera , maka tidak ada salahnya untuk membaca 8 Kekurangan Kogan Action Camera berikut ini .

Camerasia menemukan beberapa konsumen yang mengeluhkan performa dari Kogan Action Camera ini . Di Indonesia sendiri penjualan Kogan Action Camera bisa dibilang cukup tinggi , diperkirakan ada lebih dari 250 ribu unit terjual selama tahun 2016 .

Angka penjualan yang tinggi ternyata membuktikan kualitas sebenarnya dari kamera murah yang satu ini . Dan berikut ini 8 Kekurangan Kogan Action Camera yang patut kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli kamera ini . Baca Juga : 5 Kamera Sejenis GoPro Harga 300 Ribuan

Kekurangan Kogan Action Camera Pertama : Bukan Produk Kogan.com Australia

Kekurangan Kogan 1
Kekurangan Kogan 1

Pada bulan Februari 2016 lalu ketika produk Kogan Action Camera mulai populer di Indonesia , Saya menjadi penasaran dan mencari tahu website resmi kogan . Akhirnya saya menemukan website beralamat Kogan.com dengan logo yang sama persis dengan yang tertera pada Action Camera Kogan .

Saya menelusuri dan mencari produk action camera kogan pada website tersebut , namun tidak ada hasil yang cocok . Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya melalui facebook dengan akun resmi Kogan Australia .

Mereka menyatakan bahwa produk tersebut (Kogan 12MP dan Kogan 4K) bukanlah produk yang ada kaitannya dengan Kogan.com Australia . Dan hingga saat ini saya belum tahu Kogan Action Camera itu produk perusahaan apa , namun yang jelas kamera ini adalah kamera Generic / OEM produksi China .

Kogan juga merupakan salah satu brand resmi di Ebay , namun tidak ada Action Camera Kogan yang dijual disana .

Layanan After-sales Susah Didapat

Kekurangan Kogan Action Camera 2
Kekurangan Kogan Action Camera 2

Namanya juga action kamera murah meriah . Tahu kah kalian mengapa harga sebuah kamera berkualitas biasanya mahal ? Hal ini dikarenakan selain harga material pembuatan yang mahal , perusahaan juga memperhitungkan harga kamera agar menutupi biaya layanan aftersales . Dengan demikian perusahaan tidak perlu pusing atau mengalami kerugian ketika konsumen menginginkan layanan after sales .

Saking murahnya , Kogan Action Camera menjadi salah satu kamera mirip GoPro 300 Ribuan .

Firmware Kogan Susah Di Update

Action Camera seperti Xiaomi dan GoPro biasanya melakukan pembaruan Firmware pada setiap produk kameranya . Pembaruan ini bertujuan untuk menyempurnakan kekurangan dalam fungsi kamera yang sudah terlanjur terjual .

Banyak pengguna Kogan Action Camera yang mengeluh ketika kameranya error dan harus install ulang atau update firmware , ternyata mereka sulit mencari firmware yang tepat untuk jenis kamera yang dimilikinya .

Resolusi Foto dan Video Interpolated

Kekurangan Kogan Action Camera
Ilustrasi Interpolated http://eki.pp.fi/

Ketika dijual , Kogan Action Camera biasanya dijual dalam dua jenis yaitu versi 1080p Full HD dan 4K . Harga murah kualitas HD ? tentu kalian juga tergiur dan tertarik untuk membelinya .

Iklan

Sayangnya , resolusi video maupun foto dari action camera Kogan ini tidak semanis yang dituliskan . Meskipun jumlah pixel nya memang 1080p dan 4K namun semua itu menggunakan teknologi Interpolated .

Interpolated adalah metode pembesaran jumlah pixel pada sebuah foto atau video dengan cara menggandakan pixel yang sudah ada pada hasil foto dan video asli .

Contohnya : Lensa dan Sensor kamera hanya memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan resolusi 1024×768 , dengan bantuan software foto berukuran 1024×768 diperbesar menjadi 1920×1080 dengan cara menggandakan setiap pixel yang ada .

Jadi Interpolated itu ibaratkan foto kecil diperbesar dan menjadi sedikit pecah . Namun pada kamera biasanya proses Interpolasi dilakukan dengan algoritma tertentu agar menghasilkan gambar yang tetap maksimal .

WiFi Kamera Kogan Sering Bermasalah

Tidak sedikit pengguna Kogan Action Camera mengeluhkan masalah WiFi yang tidak mau terhubung dengan Smartphone nya . Hal ini bisa disebabkan oleh kegagalan firmware atau kerusakan hardware .

Sayangnya , kita akan sangat sulit menemukan solusi masalah ini karena Kogan Action Camera tidak memiliki layanan after sales di Indonesia yang baik .

Kogan Action Camera Suka Gagal Booting

Banyak yang mengeluh bahwa kamera kogan miliknya tidak mau booting atau masuk ke menu utama dari kamera . Hal ini biasanya dikarenakan Firmware atau Software yang corrupt atau mungkin hardware yang mengalami korsleting .

Baterai Kogan Sering Error

Kekurangan Kogan Action Camera
Baterai Kogan Bermasalah

Baterai kamera Kogan sangat sensitif , keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh firmware dan hardware kamera ini menyebabkan Baterai action camera kogan mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh :

  • Pengisian daya yang terlalu lama
  • Penggunaan Charger yang tidak sesuai
  • Baterai digunakan hingga sepenuhnya kosong

Ukuran File Video Dari Kamera Kogan Kurang Optimal

Kekurangan Kogan Action Camera
Ukuran File Video Yang Tidak Optimal

Entah karena firmware yang tidak mampu mengkompresi video dengan baik atau proses interpolasi yang kurang maksimal , ukuran file video dari action camera Kogan kerap membengkak .

Banyak yang heran dan menanyakan kenapa video 1080p hanya 24 menit namun memakan 4GB ruang penyimpanan . Hal ini mungkin dikarenakan oleh segala keterbatasan kamera Kogan dalam memproses hasil tangkapan menjadi sebuah file yang ramping namun tetap berkualitas .

Kualitas Audio Yang Pas-Pasan

Jika kalian menonton video yang dihasilkan oleh Kogan Action Camera diatas , maka kalian bisa mendengarkan kualitas audio yang bisa dibilang sangat buruk . Inilah salah satu kekurangan Kogan Action Camera yang cukup mengganggu .

Beli Kogan Action Camera Jangan Ya ?

Jika kalian sangat menginginkan untuk memiliki sebuah Action Camera dan tidak mempermasalahkan kualitas dari barang yang kalian beli , maka Kogan Action Camera bisa dijadikan pilihan untuk kalian yang ingin mencoba sensasi Action Camera .

Namun jika kalian menginginkan kualitas yang lebih baik dibanding Kogan Action Camera , kalian bisa membeli Action Camera SJCAM , Brica atau Xiaomi dengan harga 800 ribuan . Baca Juga : 17 Kamera Sejenis GoPro Murah Dibawah 1 Juta

Mungkin harga 300 ribu bisa dibilang murah dan tidak memberatkan kalian yang hendak membeli Kogan Action Camera , namun jika kualitas yang dihasilkan tidak memuaskan ? Lebih baik menabung 300 ribu sebulan selama 3 bulan dan kalian bisa membeli kamera aksi seharga 900 ribuan dengan kualitas yang sudah pasti memuaskan .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here