Mengenal Lebih Dalam Canon EOS 4000D
Canon EOS 4000D

Mengenal Lebih Dalam Canon EOS 4000D – DSLR Entry Level Termurah Saat Ini

Posted on

Kualitas kamera DSLR produksi Canon tidak perlu lagi diragukan. Hal itu terbukti dari popularitas serta kredibilitas perusahaan gambar dan optik asal Jepang tersebut di pasar global. Canon secara konsisten memproduksi kamera-kamera berkualitas untuk penggemar setianya. Dan, pada pertengahan Februari lalu, Canon merilis Canon EOS 4000D yang ditujukan untuk pasar entry level.

Spesifikasi Canon EOS 4000D

Kamera DSLR yang digadang sebagai yang termurah saat ini dengan banderol harga 5,2 juta rupiah ini memiliki dimensi ukuran 129 x 102 x 77 mm dengan berat total 436 gram. Lensa kamera yang disematkan memiliki resolusi sebesar 18 MP lengkap dengan sembilan autofocus poin. Sensor yang disematkan sendiri berupa CMOS.

Resolusi kamera yang cukup besar untuk kalangan entry level tersebut masih dibekali pula dengan ISO yang mencapai resolusi maksimal sebesar 12800. Untuk layarnya sendiri berjenis LCD TFT dengan dimensi 2,7 inci. Baterainya dipersenjatai dengan Lithium Ion LP-E10. Fitur tambahan lainnya yang tersedia adalah konektivitas Wifi serta Canon Camera Connect App.

Baca Juga : Harga Kamera Canon EOS 5DS Dan Spesifikasi

Keunggulan Canon EOS 4000D

Sebagai DSLR yang ditujukan untuk pasar entry level, para fotografer kelas mid-level dan profesional tentu akan menganggap kamera ini tergolong biasa saja, namun dibandingkan para kompetitornya, untk para newbie di dunia fotografi, Canon EOS 4000D sangatlah dapat diandalkan. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari DSLR Canon EOS 4000D untuk para pemula :

  1. Harga Murah

Tidak dapat ditampik bahwa harga Canon EOS 4000D merupakan keunggulan utamanya. Dibandingkan dengan produk besutan kompetitornya dengan spesifikasi dan target pasar yang sama, contohnya saja DSLR terbaru besutan Nikon untuk kelas entry level mencapai harga 5,5 juta rupiah, sedangkan Canon EOS 4000D hanya dibanderol seharga 5,2 juta rupiah.

  1. Baterai Kuat

Baterai yang dibenamkan pada Canon EOS 4000D relative kuat untuk mengambil foto dan video, bahkan dengan resolusi HD. Melalui hasil pengujian, Canon EOS 4000D dapat bertahan mencapai hampir satu jam tiga puluh menit saat digunakan untuk merekam video HD, serta sanggup mengambil foto mencapai 500 kali untuk sekali charging.

  1. Kamera Responsif

Telah sedikit disinggung di atas bahwa Canon EOS 4000D dibekali dengan sembilan autofokus yang memungkinkannya mengambil gambar secara beruntun hingga mencapai 3 Fps dengan hasil yang sangat tajam. Kelebihan ini cukup mengatasi kekurangan dari ketiadaan zoom digital serta pengaturan fokus yang harus menggunakan metode manual dari seri DSLR termurah tersebuah.

  1. Kelengkapan Konektivitas

Jika ingin menghubungkan Canon EOS 4000D dengan desktop, maka pihak produsen telah membekalinya dengan USB tipe 2.0 yang memiliki kecepatan mencapai 480 Mb/s. Tidak ketinggalan pula, Canon menyertakan fitur HDMI yang memungkinkan EOS 4000D dihubungkan langsung dengan layar smart TV  sehingga tetap dapat mengakses fail meski tidak ada desktop.

Canon EOS 4000D juga didukung dengan konektivitas Wifi
Canon EOS 4000D juga didukung dengan konektivitas Wifi

Selain itu, Canon EOS 4000D juga didukung dengan konektivitas Wifi berikut Canon Camera Connect App yang memudahkan pengguna untuk langsung mengunggah hasil jepretan foto maupun rekaman video yang diambil ke akun sosial media atau halaman internet populer lain yang dikehendaki tanpa perlu mengoneksikannya terlebih dulu dengan desktop.

Kesimpulan Review Canon EOS 4000D

Canon EOS 4000D secara keseluruhan merupakan kamera DSLR yang sangat direkomendasikan untuk para pemula di dunia fotografi dan memiliki keinginan untuk menjadi fotografer profesional. Hal tersebut didasarkan pada dukungan harga yang murah serta fitur lengkap yang disediakan oleh Canon tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *