Fujifilm X-H1 Menjadi Kamera Terbaik Fuji X-Series yang Handal Videografi
Fujifilm X-H1 Menjadi Kamera Terbaik Fuji X-Series yang Handal Videografi

Fujifilm X-H1 Menjadi Kamera Terbaik Fuji X-Series yang Handal Untuk Videografi

Posted on

Melihat para pesaingnya memproduksi kamera yang semakin bagus baik untuk fotografi maupun videografi, Fujifilm pun menghadirkan Fujifilm X-H1. Seri X-H1 ini menjadi pembuktian bahwa Fujifilm memiliki kamera yang handal dalam menghasilkan video berkualitas. Walaupun para pendahulunya dapat merekam video dengan baik, namun X-H1 ini adalah tipe yang Hybrid atau tercanggih.

Fitur Kamera Terbaik X-Series: Fujufilm X-H1

  • Layar Sentuh dan Fitur Image Stabilization Internal

Kamera yang menyasar segmen high-end ini memiliki desain bodi yang sama dengan Fujifilm GFX 50S. Pada bagian atas, Anda bisa menemukan informasi mengenai pengaturan kamera melalui layar LCD 1,28 inci. Selanjutnya, X-H1 ini diklaim memiliki jendela bidik mirrorless terbaik dengan resolusi hingga 3,69 juta titik. Rasio pembesarannya mencapai 0,75x dengan sensor APS-C.

Bodi Fujifilm X-H1 juga dilengkapi dengan layar LCD berukuran 3 inci yang bisa dimiringkan serta disematkan fitur sentuhan. Hal yang paling menarik dari bodi X-H1 ini adalah penyematan sistem Image Stabilization Internal yang terbaru dan pertama kalinya pada kamera Fujifilm. Fitur penstabil 5-axis yang ditambahkan langsung di bodi X-H1 dapat meminimalisir blur sampai 5,5 stop.

Baca Juga : Spesifikasi Ringan Dari Kamera Fujifilm X70

  • Fitur Spesial untuk Video

Sebagai kamera ahil videografi, Fujifilm X-H1 dilengkapi dengan fitur kelas profesional. X-H1 merupakan kamera mirrorless pertama dari seri Fujifilm yang memiliki efek simulasi teranyar yaitu ETERNA. Fitur ini dikhususkan untuk pengambilan video yang berkualitas. Layar sentuh X-H1 dioptimalkan dengan adanya fitur Movie Silent Shooting yang megunci seluruh tombol manual saat merekam video.

Fitur video kelas pro milik X-H1 dapat merekam gerakan lambat dengan resolusi 1080/120p. Pengaturan kecepatan pun disediakan sehingga Anda bisa mengatur sesuai keinginan. Kompresi video yang dihasilkan bisa mencapai 200 Mbps yang notabene dua kali lipat lebih canggih dari tipe X-T2. Selain itu, X-H1 dilengkapi dengan mic internal berkualitas audio 24 bit/48 kHz.

Fujifilm X-H1 Menjadi Kamera Terbaik Fuji X-Series yang Handal Videografi
Fujifilm X-H1
  • Mode Flicker Reduction

Selain fitur penstabil pada bodi, Fujifilm juga menghadirkan mode Flicker Reduction untuk pertama kalinya. Fungsi utama dari mode ini adalah memungkinkan Anda mengambil foto berkali-kali dalam pencahayaan yang terang maupun kurang. Dengan kata lain, mode ini membuat hasil jepretan tetap memiliki eksposur stabil walaupun diambil dalam kondisi pencahayaan yang beragam.

Kamera yang disematkan pada X-H1 ini juga sudah dilengkapi dengan autofokus yang telah diupgrade. Kemampuan autofokus dari X-H1 ini mengalami peningkatan dalam hal kecepatan dan akurasi walaupun pencahayaan di sekitarnya kurang bagus. Spec yang mengalami pembaharuan seperti inilah yang menjadi salah satu kekuatan X-H1 baik dalam hal fotografi maupun videografi.

Fujifilm X-H1 Menjadi Kamera Terbaik Fuji X-Series yang Handal Videografi
Fujifilm X-H1
  • Aksesori Baterai Grip

Selain menambahkan item terbaru, Fujifilm juga tetap mempertahankan item lama yang masih dapat menunjang kualitas X-H1 yaitu aksesori baterai grip. Fitur tersebut sudah terlebih dahulu disematkan pada Fujifilm X-T2. Dengan adanya baterai grip VPB-XH1 ini, memungkinkan Anda untuk merekam video selama 30 menit yang tadinya hanya sekitar 15 menit tanpa baterai grip.

Durasi waktu perekaman yang semakin lama disebabkan karena aksesori ini efektif dalam  memperpanjang daya tahan baterai secara signifikan. Dengan durasi yang lebih lama, Anda bisa merekam video 4K, luar biasa kan? Namun, aksesori ini dijual secara terpisah sehingga Anda harus menambah biaya lagi apabila ingin membelinya satu set dengan bodi.

Walaupun berfokus pada videografi, X-H1 juga tetap memberikan keuntungan dalam hal fotografi. Fujifilm X-H1 memiliki ketahanan bodi kamera hingga 100C, jauh lebih baik dari tipe pendahulunya. Selain itu, pegangan X-H1 juga memiliki ukuran yang lebih besar sehingga menguntungkan para fotografer. Desain yang sangat pro ini menjadikan berat X-H1 mencapai 673 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *